Senin, 21 September 2020

Filled Under: , , ,

Ini 5 tips Gowes Sehat Selama Pandemi Covid-19

Setelah melawati beberapa tahap selama pandemi yang disarankan pemerintah terutama #DiRumahSaja, sekarang masyarakat sudah berada pada tahap yang disebut New Normal atau Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Masyarakat sudah bisa beraktifitas di luar rumah seperti datang ke tempat ibadah, berolahraga, datang ke tempat publik lainnya dengan tetap menjaga protokol kesehatan terutama 3M - Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak. 

Khusus untuk olahraga, yang menjadi trend saat ini dan banyak dilakukan secara berkelompok adalah bersepeda. Saat pagi atau sore di berbagai daerah yang sudah berada dalam zona yang mulai relatif menurun penularannya, terlihat jalanan mulai diramaikan dengan orang bersepeda. Ada yang sendiri, berkelompok, berkomunitas.

Lalu bagaimanakah tips aman bersepeda saat pandemi Corona saat pelaksanaan AKB ini ? Apalagi kita tidak tahu siapa yang membawa COVID-19 sehingga kita tidak boleh mengabaikan bahwa ada kemungkinan dari diri kita sendiri ataupun dari orang lain di sekitar kita. 

Inilah 5 tips aman gowes atau bersepeda selama pandemi covid-19,

1. Menggunakan Masker saat Bersepeda

Menggunakan masker pastinya akan mengurangi udara yang masuk ke paru-paru, namun goweser sebaiknya tetap wajib memakai masker. Masker disini minimal dalam bentuk masker kain dengan 3 lapisan. Terasa berat bersepeda dengan kurangnya udara yang masuk karena itu kita perlu menyesuaikan dengan keadaan tubuh yang kita rasakan. 

2. Bersepeda dengan intensitas yang santai

Karena penggunaan masker saat bersepeda maka instensitasnya perlu dikurangi. Tidak perlu melalui misalnya tanjakan atau jalur yang terlalu jauh. Disesuaikan saja dan usahakan bisa terasa ringan, agar tubuh tetap fit dan pola pernapasan tetap terjaga normal.

3. Usahakan Menggunakan  Helm dan Pakaian Tertutup

KK kira jelas manfaat helm dan pakaian tertutup ini. Selain menjaga aurat, tentunya sebagai alat pelindung diri jika terjadi hal-hal yang sifatnya benturan atau gesekan pada kulit.

4. Tetap Terapkan Jaga Jarak Antar Pesepeda

Menjaga jarak sebaiknya diterapkan, ini akan menghindari benturan dengan goweser lain dan juga sesuai protokol kesehatan. Sebaiknya berada dalam satu barisan saja apalagi bersepeda di jalanan yang ramai. Kecuali goweser mencari jalanan sepi maka bisa 2 barisan jika bersepeda dalam kelompok.

5. Bawa Air Minum Sendiri dan Hand Sanitizer

Usahakan membawa hand sanitizer atapun kaos tangan. Hand Sanitizer akan menjaga kebersihan tangan saat menyentuh benda-benda lain selama bersepeda misalnya saat istirahat. Air minum sendiri akan mengurangi singgah di warung sehingga mengurangi resiko penuluran. Terdengar egois dan tidak memperhatikan ekonomi rakyat ? Itu pembahasan lain.

Selamat gowes, jangan lupa untuk saling mengingatkan sesama goweser tentang AKB ini. 

Ilustrasi, pict source : https://photo.kontan.co.id/photo/2020/06/14/1987552814p.jpg

0 komentar:

Posting Komentar