Minggu, 10 November 2019

Filled Under: , , ,

Ini 6 Tren Teknologi Yang Berkembang Pada Tahun 2020

Ini 6 Tren Teknologi Pada Tahun 2020
Saat kita memasuki dekade baru, teknologi akan terus meningkat. Kita mungkin akan melihat perkembangan besar-besaran dalam perjalanan ruang angkasa, komputasi kuantum, dan peningkatan yang signifikan pad perangkat lunak ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun di era modern, sepertinya segala sesuatu di sekitar kita terus berubah dan menjadi lebih baik, jadi sulit mengetahui tren mana yang akan kita lihat. Berikut ini 6 tren teknologi yang berkembang pada tahun 2020.

1. Otomatisasi

Otomasi adalah istilah teknologi yang seringkali kita tidak jelas apa arti sebenarnya yang kadang berarti teknologi seperti komputasi awan, robotika, big data. Namun bagi sebagian besar perusahaan perangkat lunak sekarang, otomatisasi adalah pendorong teknologi utama bisnis mereka. Saat ini kita bisa melihat dengan pemakaian pada  perbankan, manufaktur, dan otomatisasi pada akhirnya mengurangi upaya manusia sambil memaksimalkan potensi keuntungan. Ketika kita melihat masa depan otomatisasi, kita bertemu dengan kemungkinan yang tak terbatas. Para ahli percaya bahwa memanfaatkan semua teknologi yang sangat canggih yang datang bersama dengan otomatisasi akan membuat hidup kita lebih baik, lebih mudah, dan akan terus diimplementasikan dengan maksimal untuk memudahkan semua bidang kehidupan.

2. 5G

Teknologi 5G telah menjadi pembicaraan pada tahun ini, bahkan ada yang mengulas dalam video youtube tentang dampaknya pada tubuh dan kesehatan. Teknlogi ini akan menjadi faktor pendorong dalam pertumbuhan teknologi nirkabel. 5G akan melihat jumlah implementasi terbesarnya pada tahun 2020 ketika produsen mengeluarkan lebih banyak ponsel 5G dan perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia menjaga penyebaran teknologi 5G mereka.

Menerapkan 5G di seluruh dunia akan membawa kecepatan broadband yang lebih tinggi bersama dengan jaringan nirkabel dan seluler yang lebih andal. Ini pada akhirnya akan memungkinkan tingkat otomatisasi dan proliferasi teknologi yang lebih besar ke kota-kota dan daerah-daerah terpencil. Kecepatan transfer data 5G yang tinggi juga akan memudahkan implementasi kendaraan tanpa pengemudi seperti mobil tanpa awak (bisa cari di youtube untuk contohnya) karena dengan mudah bisa mendapatkan data seluruh kota dengan cepat.

Jaringan 5G tidak hanya berarti ponsel Anda akan menjadi lebih cepat, namu semua hal yang menggunakan teknologi nirkabel akan menjadi lebih cepat. Seiring dengan 5G, ada pengembangan dan implementasi WiFi 6. Dua teknologi ini secara drastis meningkatkan protokol komunikasi nirkabelnya. WiFi 6 akan mampu meningkatkan kecepatan pengunduhan data sebesar 3X dari WiFi saat ini. Protokol jaringan baru juga akan memungkinkan lebih banyak perangkat yang terhubung ke jaringan tertentu dan memberikan jangkauan data yang meningkat. Karena volume data yang dikonsumsi melalui WiFi meningkat, protokol jaringan yang lebih efisien ini akan lebih mendukung beban. Jika teknologi nirkabel ini berkembang pesat maka apakah teknologi kabel masih dibutuhkan ?

3. AI

Artificial Intelligent (Kecerdasan Buatan) atau AI berperan dalam tren otomatisasi yang lebih besar, tetapi kemajuannya sudah cukup untuk menjamin pembahasannya itu sendiri. Teknologi ini telah mencapai puncak daftar tren teknologi selama bertahun-tahun dan kemungkinan akan terus mengambil salah satu tempat teratas dalam dekade mendatang. Komputer dapat belajar tentang dunia dengan cara yang persis sama dengan yang dapat dilakukan manusia, yang berarti bahwa melalui AI, bersama dengan peningkatan daya komputasi, komputer akan dapat mulai melakukan tugas manusia yang lebih kompleks dengan kecepatan kilat.

Proyek penelitian modern di bidang AI memungkinkan teknologi ini juga memanfaatkan pengenalan wajah (coba lihat medsos seperti Facebook yang menandai muka anda), berbicara melalui teknologi suara, dan memahami melalui pesan dan pelaporan. Dalam dekade berikutnya, kita mungkin akan mulai melihat AI yang tidak memerlukan intervensi manusia untuk belajar dan tumbuh lebih pintar ... apakah AI ini menakutkan? Apakah SkyNet dalam Terminator akan muncul ? Ah ... ;)

4. Suara

Voice atau suara, kita bisa melihat perkembangan teknologi suara di masa lalu seperti Siri, Alexa, dan lainnya, tetapi mereka sering gagal memenuhi harapan manusia - atau bahkan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Suara adalah media yang cenderung organik dan mengalir bebas, sesuatu yang tidak mudah diterjemahkan ke dalam teknologi digital. Seiring dengan tumbuhnya program pembelajaran AI dan komputer dalam dasawarsa mendatang, perkirakan penafsiran suara dan perangkat lunak pembuat suara untuk bergerak melalui lembah luar biasa saat ini dan ke ranah yang lebih sejajar manusia.

Dalam waktu dekat, perintah suara dan asisten suara akan terbukti lebih bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari, memperkeruh batas antara antarmuka manusia-teknologi. Ketika teknologi dasar industri ini menjadi lebih baik (AI, pemrosesan suara, pembelajaran mesin), itu hanya akan didorong ke signifikansi teknologi yang lebih besar. Dalam bidang teknologi suara, satu aspek khusus pada ujung tombak adalah pemrograman Neuro-linguistik. Disebut NLP, ranah pemrograman ini akan memungkinkan komputer dan sistem memahami makna suara yang sebenarnya. Bahasa pemrograman baru semacam ini akan memberikan komputer pemahaman tentang nada dasar manusia, sarkasme, permainan kata-kata, dan bahkan petunjuk konteks yang lebih dalam seperti makna ganda. Teknologi NLP akan menjadi teknologi yang menarik teknologi suara melalui nilai luar biasa dan membawanya ke kegunaan penuh teknologi.

5. Blockchain

Ingat Bitcoin ?. Saat ini harganya semakin naik. Blockchain, teknologi yang mendasari cryptocurrency favorit semua orang. Teknologi Blockchain hanya diimplementasikan di beberapa industri yang berbeda saat ini, tetapi teknologi ini siap untuk menyediakan kerangka kerja yang mendasari bagi banyak aspek kehidupan digital kita dengan aman. Blockchain adalah teknologi yang memungkinkan teknologi berkomunikasi dengan aman, dan dapat diverifikasi, sambil melakukan pekerjaan yang baik untuk mencegah tindakan jahat selama transfer data.

Percaya atau tidak, blockchain telah ada sebagai sebuah konsep sejak tahun 1980-an, dan sementara cryptocurrency telah menduduki banyak sorotan dalam beberapa tahun terakhir, blockchain perlahan-lahan mendapatkan dukungan di semua teknologi. Teknologi ini sangat aman jika misalnya digunakan dalam PEMILU karena akan mudah mendeteksi kecurangan apalagi jika dikombinasi dengan semua teknologi yang disebut sebelumnya.

6. Analisis atau Analytics

Analytics memainkan peran yang semakin penting dalam pertumbuhan dan pengukuran perusahaan di seluruh dunia. Analytics, walaupun tampaknya terlihat sederhana, sebenarnya melibatkan sejumlah besar pemrosesan data untuk mengubah potongan besar data mentah menjadi sesuatu yang dapat ditindaklanjuti dan bermanfaat.

Dengan komputasi awan, IoT, dan pertumbuhan big data, data menjadi suram dan kabur. Alat Analytics yang memanfaatkan mesin learning akan dibutuhkan pada tingkat yang jauh lebih besar daripada yang saat ini diterapkan untuk memahami data, mengidentifikasi masalah, dan bahkan merekomendasikan tindakan. Intinya, analitik adalah salah satu spesialisasi di mana AI dan teknologi machine learning akan sangat berguna. Analytics akan menjadi kasus penggunaan yang sempurna bagi banyak teknologi yang muncul pada dekade berikutnya.

Contoh sederhana penggunaan analitics biasanya pada CCTV dimana kita bisa mengenali seseorang yang lewat, menghitung jumlah kendaraan, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Ini 6 Tren Teknologi Yang Berkembang Pada Tahun 2020 , semoga kita bisa mengikuti dan memanfaatkannya untuk bidang-bidang yang digeluti saat ini. (KK)

Sumber tulisan dari Interesting Engineering. Bisa dilihat di https://interestingengineering.com/6-technology-trends-to-watch-in-2020
Gambar Ilustrasi, https://mk0at44uvaxh7f73.kinstacdn.com/wp-content/uploads/2018/05/futuristic-infographic-robotic-hand-holding-virtual-digital-earth-globe_35632-52.jpg

0 komentar:

Posting Komentar