Kamis, 20 September 2018

Filled Under: , , ,

Jangan Lupa Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Ketika Pemberian MPASI

Gbr : Puree Kentang dan Jagung Manis
Memasuki usia 6 bulan, seorang bayi sudah siap untuk menerima makanan pendamping ASI sebagai pendorong pertumbuhan. Banyak orang mengenalnya dengan tahap MPASI anak, sebagai orang tua pastinya paham betul apa yang perlu dipersiapkan untuk masuk dalam tahap itu. Satu yang paling penting adalah variasi menu MPASI untuk bayi yang sering membuat ibu-ibu pusing. Pada dasarnya ada banyak sekali jenis bahan makanan, tetapi kurangnya pengetahuan akan pengolahan menjadikan para ibu sangat monoton sekali memberikan asupan pertama dan terbaik bagi buah hati.

Keberhasilan MPASI pada anak itu bisa diukur dari tingkat pertumbuhan, jika memang baik itu tandanya gizi dan nutrisi anak sudah terpenuhi. Ibu tidak perlu membuat MPASI pertama untuk bayi dengan menu yang terlalu susah, sederhana saja tetapi sudah terkandung semua yang dibutuhkan. Sebelumnya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan sebelum masuk tahap MPASI yaitu:

1. Frekuensi.
Pertama perlu diperhatikan dari frekuensi pemberian MPASI yang harus disesuaikan dengan perkembangan serta usia bayi tersebut. Untuk pertama kalinya bisa memberikan 2 kali setiap hari, tetapi bisa bertambah sesuai dengan normalnya disertai dengan pertumbuhan usia buah hati Anda.

2. Jumlah.
Lalu kedua dilihat dari jumlah yang diberikan, seperti yang diketahui bayi belum mampu menampung banyak makanan seperti layaknya orang dewasa. Pemberian pertama bisa dari 5 sampai dengan 8 sendok makan terlebih dahulu setelah itu bisa meningkat.

3. Kepekatan dan variasi.
Kental atau tidaknya makanan itu juga mempengaruhi kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut. Umumnya lebih kental lebih baik, selain itu juga dari variasi yang perlu untuk diperhatikan.

Dari ketiga poin penting diatas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti cara pengolahan, menjaga kebersihan sampai dengan cara memberi makan yang tepat. Meskipun terlihat sederhana, hal itu penting sekali untuk diperhatikan secara baik. Bila semua Anda perhatikan dengan baik tentu asupan gizi dan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan anak akan semakin optimal. Sekian, semoga ulasan diatas bermanfaat.

[KK]

url image from https://www.mpasi.org/wp-content/uploads/2017/09/puree-kentang-dan-jagung-manis-mpasi-8-bulan.jpg

0 komentar:

Posting Komentar