Rabu, 20 September 2017

Filled Under: ,

Begini Cara Makassar Memonitor Kota dan Antisipasi Kejahatan


Apakah Anda pernah membaca postingan di WhatsApp yang memberikan informasi tentang CCTV yang memonitor lalu lintas di jalan raya di Makassar ?. Jika pernah maka informasi tersebut benar. KAPOLRI, Tito Karnavian telah meresmikan sebuah pusat komando (command center) yang bisa memonitor situsasi keamanan di ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan akan merespon secara cepat situsasi darurat seperti kecelakaan dan bencana alam.




Pusat komando ini diintegrasikan dengan beberapa fasilitas monitoring serupa yang disediakan oleh pemerintah kota yang terkoneksi dengan sebuah aplikasi berbasis android yang memungkinkan pengguna untuk menekan tombol panik yang akan memanggil polisi.

Tito mengatakan, "Makassar saat ini termonitor dengan baik. Jika warga membutuhkan keamanan, polisi bisa disiagakan secara cepat dan bergantian karena laporan sudah diterima secara real time". Seperti dilansir dari thejakartapost.


Ada lebih dari 300 kamera CCTV yang terpasang disetiap sudut-sudut kota, dan 100 diantaranya dipasang di area yang dianggap sering terjadi tindakan kriminal.

"Saya telah keliling Indonesia, tapi hanya di Makassar saya menemukan sistem CCTV yang bekerja dengan baik dan komprehensive", kata Tito.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa sangat disarankan agar para pemilik  gedung komersial untuk memasang kamera CCTV. Beliau juga menambahkan bahwa pada tahun 2018 kamera CCTV yang terpasang akan mencapai 3000 titik.

Foto : google

0 komentar:

Posting Komentar