Jumat, 10 Juni 2016

Filled Under: , ,

Pilihan Susu untuk Anak Alergi Terbaik dan Paling Tepat


Susu merupakan sumber makanan yang paling utama untuk bayi dan anak. Walaupun susu ini memegang peran yang sangat penting, sayangnya terdapat 5 hingga 15 persen bayi menunjukkan reaksi yang kurang diinginkan pada susu sapi contohnya seperti intoleransi laktosa. Perilaku yang menunjukkan jika ia terkena alergi ini seperti kaki dan tangan yang bergetar, hingga gerakan motorik yang terlalu berlebihan. Jika ternyata buah hati kita mengalami alergi susu sapi, lantas apa pilihan susu untuk anak alergi yang paling tepat?

Sebetulnya, alergi protein susu sapi ini jarang ditemukan pada bayi yang memperoleh asupan ASI eksklusif selama 4 bulan pertama pada sesudah kelahirannya, dibandingkan dengan bayi yang hanya memperoleh asupan susu formula. Jika terjadi reaksi alergi, bayi yang lebih sering mengkonsumsi ASI akan mengalami reaksi yang ringan tidak sampai sangat berat. Jika bayi Anda mengalami alergi susu sapi, terpaksa semua makanan atau produk yang mempunyai kandungan susu sapi harus ia hindari. Anda harus menyusui bayi dengan lebih optimal dan menghindari mengkonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kandungan susu sapi.

Sumber makanan yang paling baik merupakan ASI. ASI eksklusif memang lebih dianjurkan, terlebih jika bayi memiliki resiko yang tinggi pada alergi susu. Memang, ASI ini bisa memberikan asupan makanan, namun bagaimana untuk ibu yang tidak dapat memproduksi ASI dengan jumlah banyak? Bila Anda tidak dapat memproduksi ASI secara melimpah untuk menggantikan susu sapi, Anda dapat menggantinya dengan susu formula yang sudah terhidrolis. Susu ini merupakan susu yang paling tepat untuk gejala alergi ringan.

Walaupun menggunakan susu untuk anak alergi seperti susu soya dengan beragam rasa, Anda tidak perlu khawatir jika kebutuhan bayi Anda tidak akan tercukupi. Buah hati Anda tetap akan memperoleh nutrisi yang cukup, dengan begitu ia dapat tubuh dengan normal seperti anak-anak yang tidak memiliki alergi. Bawa ia ke dokter ahli gizi, sehingga dokter bisa memberikan saran seperti apa asupan nutrisi yang harus Anda berikan padanya agar ia dapat tumbuh dengan sehat.

sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/2015/08/08/0945506shutterstock-89973859780x390.jpg

0 komentar:

Posting Komentar