Kamis, 30 Juni 2016

Filled Under: , ,

Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan


Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Berbagai aktivitas keseharian seperti makan, memasak, mencuci dapat kita lakukan dengan mendengarkan musik untuk membangkitkan semangat kita. Selain menyenangkan ternyata mendengarkan musik mempunyai banyak kegunaan, terutama bagi kesehatan kita. Di bawah ini saya akan menguraikan beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa jenis musik tertentu apabila diperdengarkan dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Bahkan, mendengarkan musik yang bertempo cepat selama kurang lebih 50 akan menyebabkan  kadar antibodi dalam tubuh meningkat serta menurunkan hormon kortisol penyebab stress.

Meredakan rasa nyeri

Saat pasien menderita sakit yang cukup hebat, maka mendengarkan musik dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengendalikannya. Musik melakukan kerjanya pada sistem saraf otomatis yang selanjutnya  dapat mengurangi rasa sakit setelah operasi atau pada saat seseorang melahirkan. Selain itu musik juga memiliki peran untuk mengalihkan perhatian dan memberikan kontrol pada pasien. Musik juga dapat melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai penetral rasa sakit.

Mencerdaskan otak

Mendengarkan musik, terutama musik klasik bagi anak-anak bahkan ketika berada di dalam kandungan dipercaya dapat mencerdaskan otak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan IQ pada seseorang.

Membuat tidur anda menjadi berkualitas

Musik yang memiliki irama slow akan membuat jiwa dan pikiran menjadi tenang. Sehingga apabila anda mendengarkan musik yang menenangkan beberapa menit sebelum tidur, hal itu diyakini akan membuat tidur anda lebih nyenyak. Selain meningkatkan kualitas tidur, musik juga dapat menyembuhkan insomnia.

Pembuluh darah menjadi lebih sehat

Musik memiliki tempo yang dapat mempengaruhi kerja jantung anda. Musik yang memiliki tempo yang tinggi akan menyebabkan kinerja pernapasan dan denyut jantung meningkat. Sedangkan musik dengan tempo yang lambat atau slow akan sebaliknya. Orang yang memiliki masalah pada jantungnya dapat menyesuaikan jenis musik yang tepat untuk pemulihan.

Mengendalikan selera makan

Mengonsumsi makanan diiringi dengan mendengarkan lagu atau musik akan melambatkan gerakan makan anda. Dengan demikian, jumlah makanan yang anda konsumsi akan lebih mudah dikendalikan. Hal ini cocok bagi anda para wanita yang sedang menjalani program diet.

Memunculkan suasana dalam hati

Dopamin akan dilepaskan secara otomatis oleh otak pada saat anda mendengarkan musik. Dopamin merupakan sebuah zat yang dapat membangkitkan secara cepat suasana dalam hati atau mood pada seseorang. Apabila anda mendengarkan musik cepat maka akan membangkitkan suasana semangat dalam diri anda. sebaliknya, apabila anda mendengarkan musik yang bernada minor dan sedih menyayat maka anda juga akan dengan mudah merasakan galau.

Meningkatkan olahraga

Olahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan mood dan daya tahan. Mendengarkannya setelah olahraga juga akan membuat kelelahan anda cepat hilang. Musik akan mampu mengalihkan perhatian anda, merileksasikan otot serta pikiran anda. Dengan demikian rasa lelah dan sakit akan cepat hilang dan tubuh anda segera pulih.


0 komentar:

Posting Komentar