Sabtu, 18 Juni 2016

Filled Under: , ,

Bisa Mahir Bermain Musik Bukan Dari Bakat


Banyak orang Indonesia khususnya masih berfikir bahwa bisa mahirnya bermain musik itu berasal dari bakat. Padahal, dari hasil penelitian dan juga bukti dari banyaknya orang di Eropa, mahirnya bermain musik bukan berasal dari bakat tetapi semuanya dari kemauan seseorang untuk berjuang melatih motoriknya agar sesuai dengan bidang musiknya yang diinginkan. Mau tahu cara agar bisa mahir bermain musik? Simak paparannya berikut ini:

Niat dan tekad

Selalu yang menjadi utama adalah niat dan juga tekad. Niat adalah perintah awal untuk Anda ingin melakukan sesuatu hal, kemudian tekad adalah tenaga untuk tercapainya niat tersebut. Oleh karena itu, kedua hal ini tidak boleh dipisahkan agar bisa masuk ke dalam tahap latihan yang pada akhirnya masuk kepada tingkat mahir nantinya.

Menyukai kegiatan bermusik

Selain dari niat ingin bisa bermain musik, kemudian tekad dengan siap melakukan aplikasi berupa latihan, hal berikutnya yang perlu dan penting juga adalah Anda harus mulai menyukai musik itu sendiri. Jika Anda tidak menyukai musik, maka hasilnya hanya sebatas Anda bisa bermain saja tanpa adanya “feel” atau “rasa” yang akan membuat orang nyaman ketika mendengar permainan musik Anda.

Baca juga, Langkah Langkah Memperdengarkan Musik Untuk Ibu Hamil

Sering latihan

Langkah berikutnya adalah melakukan latihan, karena musik bukan berasal dari bakat tetapi dari seringnya Anda menggunakan alat musik dan melakukan bermusik di setiap harinya. Sehingga secara sadar ataupun tidak, motorik Anda akan bergerak untuk bisa memainkan musik tersebut. Jika mau melihat cara latihan orang Barat, mengapa mereka mahir dan pintar bermain musiknya, karena kebiasaan latihan mereka minimal dalam satu harinya adalah 8 jam. Hal tersebut dilakukan secara terus menerus dari waktu ke waktu, dari umur ketika kecil hingga umur dewasa dilakukan tanpa adanya rasa lelah. Karena dari awal mereka memiliki niat, tekad, dan rasa menyukai musik oleh karena itulah untuk melakukan latihan minimal 8 jam bagi mereka tidak lah sulit.  

Lakukan daftar latihan step by step

Kemudian di dalam latihan itu sendiri, buatlah jadwal. Hal ini banyak dilupakan oleh sebagian orang yang ingin mahir bermain musik. Jika kita mau terarah maka lakukanlah latihan yang rapih dan terarah. Caranya adalah membuat sebuah daftar, misalkan hari ini melakukan sebuah tangga nada tertentu, dari pagi hingga sore dilakukan hanya untuk latihan tangga nada tersebut tanpa adanya perubahan jadwal hingga akhirnya motorik Anda menjadi mahir. Kemudian dilanjut pada hari berikutnya dengan latihan berbeda misalkan menguasai sebuah karya lagu tertentu, dan itu dilakukan sampai beres selama satu hari tanpa adanya perubahan jadwal.

Itulah beberapa tips untuk Anda agar bisa bermain musik hingga tahap mahir dan telah terbukti bahwa hal tersebut bukan berasal dari bakat tetapi dari kemauan Anda sendiri.



ilustrasi dari https://cbsla.files.wordpress.com/2016/02/shutterstock_379622173.jpg

0 komentar:

Posting Komentar