Senin, 20 Juni 2016

Filled Under: , ,

Bahaya Jika Terlalu Lama Dekat Gadget


Jaman sekarang hampir semua orang pastinya memerlukan yang namanya gadget, yakni sebuah alat yang berfungsi sebagai telekomunikasi antar sesama dari jarak jauh.  Selain dari banyaknya kelebihan lain yang diperoleh dari sebuah gadget, akan tetapi tahukah Anda gadget pun ternyata mempunyai sisi negatif yang sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Ingin tahu mengenai bahaya apa saja yang bisa saja terjadi akibat gadget kesayangan pada kesehatan Anda? simak paparannya berikut ini:

Menyebabkan mata minus

Jika Anda salah satu orang yang terbiasa menggunakan gadget dikamar dalam keadaan lampu kamar tidak menyala, maka waspadalah akan penyakit yang satu ini, lambat laun mata Anda akan mengalami minus bahkan sampai pada tingkat yang fatal. Mengapa? Karena lampu pada gedget akan mengganggu tidur Anda, dimana cahaya yang ditimbulkan dapat mengeluarkan radiasi langsung pada mata, sehingga menyebabkan kendur nya syaraf pada mata. Apalagi jika Anda menggunakan gadget dalam keadaan lampu kamar tidak dinyalakan.


Resiko terkena penyakit kanker

Selain dari dampak negatif diatas, berdasarkan penelitian dari para peneliti di Eropa. Ternyata radiasi dari sebuah gadget dapat menyebabkan resiko terkena kanker. Di Eropa sana kanker tersebut banyak menyerang para wanita, yakni penyakit kanker payudara dimana hal tersebut terjadi pada wanita mencapai 17 persen disetiap tahunnya. Meningkatnya hormon esterogen yang diakibatkan dari sinar lampu gadget menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit kanker tersebut.

Menimbulkan karakter individualistik

Inilah yang paling berbahaya, karena sikap ini akan berpengaruh terhadap tingkat sosialisasi Anda bersama lingkungan sekitar. Banyak cerita dan fakta tentang orang-orang yang terlalu sibuk dengan gadgetnya, mereka melupakan keadaan sekitarnya.

Di negara China, ada seorang anak muda terlalu asik bermain gadget ketika berada di bis umum, namun di pinggirnya ada seorang nenek tua yang sedang mengalami kesakitan karena penyakit jantung. Pada akhirnya nenek tersebut meninggal di tempat tanpa ada pertolongan apapun. Kemudian ada pula kejadian di Indonesia, seorang mahasiswa tidak sadar bahwa dirinya sedang berada di kawasan jalan raya, karena terlalu asik bermain gadget ia lupa untuk melihat sekeliling dan akhirnya tertabrak mengalami kecelakaan serius.

Itulah beberapa hal yang mesti Anda sadari sejak dini, memang kegunaan gadget adalah mampu berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dari lokasi Anda. Tetapi kita pun harus sadar bahwa lingkungan yang ada di sekeliling bisa jadi memerlukan perhatian kita semua. Jangan sampai kebutuhan gadget melebihi kewaspadaan Anda terhadap lingkungan sekitar.

Demikian ulasan di atas mengenai beberapa hal yang berbahaya jika terlalu lama dekat dengan gadget, semoga dengan informasi tersebut dapat menambah wawasan dan referensi Anda agar lebih berhati-hati dalam bermain gadget.




ilustrasi dari https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/static.nextnature.net/app/uploads/2016/03/shutterstock_257216497-e1457017566912-640x406.jpg

0 komentar:

Posting Komentar