Selasa, 22 Maret 2016

Filled Under: ,

Trik Mengambil Foto Sunset Berkualitas dengan Kamera Smartphone

sunset and smartphone

Momen matahari tenggelam atau sunset yang indah sering diabadikan banyak orang melalui foto. Dulu, kita mungkin membutuhkan kamera saku untuk menangkap potret sunset dan perlu menunggu satu atau dua hari untuk mencetaknya. Sekarang, dengen perkembangan teknologi, kita bisa menggunakan fitur kamera pada ponsel pintar untuk mengabadikannya. Bahkan kualitasnya bisa menyamai kamera saku atau DSLR. Lantas, bagaimana cara mengambil foto sunset yang bagus dengan kamera smartphone?

Menguasai Pemakaian Ponsel Pintar

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah penguasaan terhadap smartphone atau ponsel pintar. Sebagai pemilik, tentunya kita harus tahu cara pemakaian beberapa fitur, termasuk kamera. Beberapa smartphone memiliki standar penggunaan yang sama. Hanya saja, peletakan tombol yang berbeda tak jarang membuat kita bingung, apalagi kalau kita beralih merek atau memakai kamera teman. Jadi, ada baiknya kita menguasai kamera pada ponsel.

Memanfaatkan Aplikasi Standar untuk Kamera

Sebagian smartphone sudah menyematkan aplikasi mumpuni pada kamera untuk menunjang kegiatan pecinta fotografi. Supaya tidak menyesal, ada baiknya kita mencari terlebih dahulu ponsel pintar yang memiliki kamera dengan fitur terbaik. Jadi kita tidak perlu lagi mengunduh aplikasi dari pihak ketiga untuk mempebaiki kualitas foto. Sebab, tak sedikit plug in dalam aplikasi pihak ketiga yang dapat menurunkan mutu dari foto yang diambil.

Mengakali Dynamic Range pada Ponsel Pintar

Dynamic range adalah kemampuan sensor pada kamera untuk mengambil perbedaan di antara bagian gelap dan terang dari foto. Sayangnya, dynamic range pada kamera ponsel pintar belum bisa setangguh DSLR, sebab ukuran sensornya berbeda jauh. Namun, ada cara untuk mengakali kelemahan tersebut. Kita hanya perlu mengarahkan kamera pada bagian terang dari pemandangan sunset. Bagian di sekitar sunset tersebut akan menjadi lebih gelap, tetapi menimbulkan efek dramatis.

Menggunakan Point of Interest

Jika masih kesulitan dalam mengambil foto sunset karena minimnya pencahayaan, ada cara lain yang bisa kita gunakan. Kita dapat mengambil potret dari objek lain dan memanfaatkan sunset sebagai latar belakangnya. Cahaya matahari yang ada dalam foto biasanya akan meninggalkan kesan yang dramatis. Namun, kalau objek pengalh tersebut malah jadi siluet, kita bisa mengambil pencahayaan dari tempat lain atau menggunakan fitur flash dari ponsel pintar (kalau ada).

Memakai Flash untuk Menghindari Backlight

Fitur flash atau lampu kilat pada smartphone sangat dibutuhkan untuk menunjang pencahayaan, salah satunya untuk mengambil foto sunset sebagai background. Kadang, wajah kita di foto terlihat gelap meski latar belakang sunset-nya tampak bagus. Backlight tersebut bisa terjadi akibat cahaya dari sinar matahari yang cukup terang. Untuk mengakalinya, kita bisa menggunakan flash atau lampu kilat untuk mengisi bagian yang gelap.



0 komentar:

Posting Komentar