Kamis, 17 Maret 2016

Filled Under: ,

Menguji Android N Beta Program dari Google

android google

Beberapa waktu lalu Google meluncurkan program Android Beta, yang sudah bisa dicoba developer dan pengguna. Jika sudah tidak sabar mencicipi sistem operasi terbaru ini bisa langsung mengunjungi situs Google Android Beta dan mendaftarkan diri ketika  sudah resmi dibuka.

Program ini memberikan kesempatan pada para pengembang aplikasi untuk mencicipi versi pra-rilis Android. Untuk sementara program ini hanya dikhususkan bagi pengembang aplikasi dan tidak sesuai digunakan pada perangkat utama. Perangkat yang sudah terdaftar di program akan mendapatkan update Android versi Beta melalui OTA.

Secara umum program ini sudah bisa dioperasikan, tapi belum bisa digunakan untuk sehari-hari, karena masih ada bug yang muncul. Google sendiri sudah menyatakan bahwa pengguna yang mencoba versi Android ini tidak akan mendapatkan sistem operasi yang stabil.
Secara resmi Google melansir berita bahwa pembaruan yang dilakukan pada program ini dalam versi pre-release tidak stabil, dan mungkin mengandung kesalahan serta cacat yang dapat mempengaruhi perangkat Anda.

Perangkat yang berpartisipasi dalam penggunaan program Android versi Beta adalah Nexus 6, Nexus 9, Nexus 5X, Nexus Player, dan Pixel C. Halaman pendaftaran Android Beta baru akan muncul setelah deleveloper preview dari Android N diluncurkan. Sedangkan, Android N versi final diharapkan dapat muncul akhir tahun ini.

Mencoba Android Beta pada Perangkat

Fitur baru pada program beta untuk aplikasi Google Search ini dapat diakses oleh penguji dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pengujian perlu dilakukan sebelum program dirilis secara resmi. Bagi Anda yang ingin menguji program ini harus memasang aplikasi bug sesekali.
Untuk mendaftar pastikan browser Anda login ke akun Google yang sama dengan yang terdaftar di perangkat Android. Selanjutnya, klik link Tester Google Search Beta. Kemudian akan muncul tombol “Become a Tester”, klik tombol tersebut. Tunggu sebentar, akan muncul pesan dalam sebuah halaman disertai pernyataan “You are now a tester”.

Aplikasi Google Search akan terus diperbaiki melalui Google Play Store. Apabila membuka laman Google Search Install akan terlihat ada permintaan pembaruan pada aplikasi, termasuk update pertama dari aplikasi. Jadi mulai sekarang bersiap-siap untuk sering mendapat pemberitahuan update pembaruan aplikasi terbaru ini.

Seperti umumnya aplikasi terbaru, biasanya pembaruan program dilakukan secara bertahap dan cukup sering dilakukan untuk meminimalisir kesalahan program. Sehingga memungkinkan pengguna untuk berhenti dari program beta kapan saja. Caranya dengan mengklik link yang sudah tersedia pada situs, kemudian klik link yang bertuliskan “Leave the program”.

Menurut pengalaman beberapa pengguna yang mencoba program beta ini, belum menemukan sesuatu yang istimewa dari aplikasi ini. Mungkin dengan dilakukannya pembaruan terus menerus akan menjadikan program Android Beta ini menjadi lebih baik lagi.



0 komentar:

Posting Komentar