Jumat, 04 Maret 2016

Filled Under:

Mengenal Teknologi Komputer


Perkembangan jaman yang sangat maju pesat, telah membawa kita kepada jaman modern saat ini. Beberapa teknologi telah diciptakan dengan berbagai konteks untuk berbagai macam keperluan. Salah satu media teknologi yang super canggih yang berhasil dirancang oleh para peneliti sejarah adalah “teknologi komputer”. Teknologi tersebut secara bahasa mengandung arti sebagai sarana, wadah atau tempat yang menyediakan segala kebutuhan berupa barang-barang yang diperlukan demi kelangsungan hidup masyarakat.

Komputer itu sendiri adalah alat yang dipakai untuk menemukan, mengolah dan menyimpan sebuah data berdasarkan sebuah perintah yang sudah terumuskan dan terprogram secara singkat. Pengertian lebih jelasnya adalah komputer sebagai suatu alat elektronik yang didukung oleh beberapa komponen software dan hardware didalamnya, bekerja melalui proses saling berkesinambungan teknologi komponen satu dengan yang lainnya.

Sejarah komputer

Banyak kesimpangsiuran tentang penemuan teknologi ini, berbagai kalangan mengklaim telah menemukan teknologi komputer tersebut. Namun berdasarkan referensi yang dapat disimpulkan, bahwa komputer pertama kali dibentuk oleh Charles Babbage, beliau adalah seorang profesor matematika dari negara Inggris. Berdasarkan penelitiannya secara berkala dari tahun ke tahun, untuk kali pertama di tahun 1822 babbage menemukan mesin untuk menggabungkan teknologi pada mesin mekanik dengan matematika. Mesin mekanik tersebut dinamakan dengan mesin differensial, proses memanfaatkan tenaga uap pada mesin tersebut sebagai penyimpan data program sebagai cetak hasil kalkulasi secara otomatis dan singkat. Oleh perkembangan yang terus menurus dilakukan, maka lahirlah sebuah teknologi komputer yang pertama dengan memulai komputer general pupose memunyai komponen sebagai Analytical Engine.

Manfaat teknologi komputer bagi masyarakat

Setelah melihat sejarah teknologi komputer diatas, melalui beberapa proses penelitian dari para ahli yang berkompeten dibidang tersebut dan terus melakukan inovasi pengembangan terbarunya. Pada akhirnya manfaat dari media tersebut dapat dirasakan oleh banyak masyarakat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Dengan teknologi komputer bisa digunakan dibidang industri untuk menyimpan berbagai macam pendataan serta pengeditan bagi berbagai macam perusahaan maupun perorangan.
  • Hingga saat ini teknologi komputer untuk bidang bisnis bisa membuat berbagai macam imajinasi seseorang dalam meghasilkan desain grafis yang saat ini dipergunakan untuk promosi penjualan ataupun lain sebagainya.
  • Teknologi komputer saat ini dibidang kedokteran dipergunakan mendeteksi berbagai macam penyakit yang terdapat pada pasien, kemudian dipergunakan untuk memudahkan pengukuran berbagai macam kebutuhan seperti detakan jantung, nilai ukuran oksigen dalam darah, dan lain sebagainya. Sehingga, dengan mudahnya mendeteksi sebuah penyakit dalam diri manusia maka bisa dengan mudahnya mengatasi permasalahan tersebut.
  • Teknologi komputer dibidang seni musik, telah banyak membantu untuk mengkombinasikan sebuah karya seni dari ide kreatif manusia diaplikasikan kedalam rekaman yang pada akhirnya bisa dinikmati oleh semua kalangan.



0 komentar:

Posting Komentar