Senin, 07 Maret 2016

Filled Under: ,

Hati-hati Terhadap Status di Media Sosial Yang Akan Menjebloskan Anda ke Penjara

Hati-hati Terhadap Status di Media Sosial Yang Akan Menjebloskan Anda ke Penjara

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang peredaran peraturan baru yang ada di media sosial dunia online. Sebaiknya Anda sudah perlu waspada serta hati-hati dalam bersikap di media sosial dikarenakan jika teledor serta menggunakan kepada arah yang tidak baik maka penjara menjadi sebuah hadiah untuk Anda. Apa sih yang membuat hal tersebut? simak beberapa informasi dibawah ini:

Undang-undang baru mengenai peraturan media sosial

Baru-baru ini sudah mulai disahkan mengenai undang-undang tentang pencemaran nama baik di media sosial. Dengan pasal baru tersebut Anda saat ini berhak untuk melakukan sebuah tuntutan ataupun sebuah pengaduan terhadap seseorang yang melakukan pencemaran nama baik Anda. Tidak tanggung-tanggung, ancaman tersebut bisa mencapai hukuman penjara maksimal hingga 6 tahun dan denda bisa mencapai satu milyar. Hal ini menyangkut pencemaran nama baik, pengancaman, serta berbagai macam pembuktian yang mudah untuk menjebloskan seseorang untuk masuk penjara.

Hal-hal yang perlu dihindari untuk mencegah penuntutan pada pasal yang berlaku

Untuk hal tersebut, maka sebaiknya Anda perlu mewaspadai beberapa hal sebagai berikut:

  1. Jangan pernah melakukan sebuah ejekan kepada seseorang ataupun kelompok tertentu dikarenakan bisa jadi ketika orang tersebut yang dituju atau kelompok tersebut melakukan sebuah tuntutan Anda akan dengan mudahnya menjadi tersangka.
  2. Jangan pernah mencurhatkan sesuatu atau mengeluhkan sesuatu pengalaman Anda di media sosial dengan mencantumkan seseorang atau insitusi tertentu dikarenakan Anda akan bisa terkena pasal sebagai tersangka pencemaran nama baik.
  3. Jangan memposting gambar atau foto yang mengandung unsur penghinaan terhadap seseorang agar tidak terjerumus kepada pengadilan yang berakhir kepada tindak pidana.

Tips menjaga sikap di media sosial

Dengan perihal tersebut ada beberapa tips untuk bisa Anda lakukan ketika melakukan sebuah sikap ketika melakukan sebuah aktifitas di media sosial, yaitu sebagai berikut:

  1. Jagalah perbincangan Anda dengan seseorang tanpa harus membuat orang lain tersinggung dengan sikap Anda.
  2. Maklumi orang lain dan jangan mudah tersinggung terhadap perilaku orang lain.
  3. Turunkan ego dan kesombongan untuk bisa mengontrol diri terhadap aktifitas di dunia maya.
  4. Jangan pernah mencurahkan sesutau di media sosial untuk menghindari keteledoran yang akan berakibat fatal kepada diri sendiri.
  5. Belajar sabar terhadap segala apa yang telah orang lain lakukan, sehingga Anda tidak harus banyak berbincang yang tidak berguna ketika berada di media sosial.

Demikian ulasan mengenai media sosial yang telah mendapatkan undang-undang peraturan baru sehingga dengan pengetahuan tersebut, Anda bisa semakin waspada dan hati-hati dalam bersikap bersama teman-teman Anda yang ada di media sosial. Karena dunia maya bisa menuntut Anda ketika segala hal berawal dari pikiran, perkataan, dan tulisan yang merugikan pihak lain. 

Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda.



0 komentar:

Posting Komentar