Minggu, 06 Maret 2016

Filled Under: ,

Gagal Ginjal, Penyakit Berbahaya Dengan Beragam Penyebab

Gagal Ginjal, Penyakit Berbahaya Dengan Beragam Penyebab

Gejala atau ciri-ciri serangan penyakit gagal ginjal sekaligus penyebabnya selama ini dikenal di dalam dua jenis, adapun pembagian kategori yang dimaksudkan berdasar pada perjalanan penyakitnya yaitu:
  • Gagal ginjal akut
  • Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal akut secara umum terjadi dalam waktu yang singkat atau cenderung mendadak, bahkan di bawah tiga bulan. Akan tetapi untuk gagal ginjal kronis kondisi kerusakan ginjal justru terjadi perlahan-lahan, biasanya kerusahan sudah terjadi dalam kurun waktu mencapai atau melebihi tiga bulan.

Meskipun memiliki perbendaan, keduanya sama-sama dapat menyebabkan kematian. Sebab kerusakan terjadi pada organ ginjal sebagai bagian dalam dari tubuh yang memiliki fungsi sangat penting.

Penyebab penyakit gagal ginjal akut

Gejala penyakit gagal ginjal secara akut sekaligus penyebabnya termasuk suatu kondisi yang dapat secara tiba-tiba menjadi lebih darurat daripada gejala dan efek yang ditimbulkan oleh gagal ginjal kronis. Mengingat serangan penyakit gagal ginjal akut cenderung terjadi sangat cepat sehingga akhirnya menjadikan hampir secara keseluruhan bagian organ ginjal semakin rusak. Hal semaacam ini biasanya berujung fatal atau kematian ketika tindakan pertolongan tidak segera diberikan. Berikut penyebab-penyebab yang memicu munculnya sakit ginjal akut:
  1. Terbiasa atau sedang mengonsumsi sejumlah obat dalam jenis tertentu
  2. Infeksi
  3. Saluran kencing mengalami penyumbatan
  4. Dehidrasi (kekurangan jumlah cairan dalam tubuh)

Meskipun selama ini diketahui bahwa sesak nafas jauh lebih sering dihubungkan dengan gejala dari penyakit yang menyangkut jantuung atau paru-paru ternyata juga dapat dijadikan sebagai munculnya penyakit ginjal.

Bahkan lebih parahnya, seseorang yang sebelumnya sama sekali tidak pernah memiliki riwayat menderita sesak nafas dapat dengan tiba-tiba merasakan nafas yang berat akibat indikasi dari penyakit ginjal.

Penyebab penyakit gagal ginjal kronis

Kategori penyakit gagal ginjal kronis memang tidak memberikan indikasi yang mematikan di dalam waktu singkat. Namun angka kematian yang disebabkan olehnya tentunya tidak dapat diremehkan. Sebab dapat dikatakan bahwa ini menjadi penyakit ginjal yang sudah sangat umum diderita oleh masyarakat dengan efek:
  1. Darah tinggi (hipertensi)
  2. Terjadi radang akut yang menyerang organ ginjal
  3. DM (diabetes melitus)
  4. Penyakit ginjal yang berhubungan dengan polycystic

Dapat dikatakan bahwa penyakit ginjal dengan gejala yang mematikan dan lebih sering tidak terdeteksi merupakan penyakit yang dapat menjadi salah satu pembunuh berdarah dingin yang mematikan. Penyebab penyakit ginjal, entah itu kronis atau pun akut diketahui dapat terdiri atas beraneka macam hal.

Maka dari itu penting bagi Anda mengetahui bagaimana mengetahui gejala, penyebab dan berbagai hal lainnya seputar penyakit ginjal sehingga nantinya Anda mampu menghindari munculnya gejala, kondisi atau keadaan yang mampu memicu muncul atau memburuknya penyakit ginjal. Ayo jaga kesehatan diri mulai dari sekarang.



0 komentar:

Posting Komentar