Jumat, 04 Maret 2016

Filled Under:

Dampak Teknologi Bagi Manusia

Dampak Teknologi Bagi Manusia

Teknologi adalah sebuah fasilitas yang dibuat oleh manusia bertujuan untuk kebutuhan manusia itu sendiri. Dengan teknologi tersebut banyak pihak yang telah merasakan dampak positifnya, akan tetapi disisi lain adapula yang merasakan sebuah dampak negatifnya. Perihal tersebut pada dasarnya muncul tergantung dari sudut pandang Anda untuk memaknai segala perkembangan teknologi yang saat ini mau ataupun tidak mau pasti akan dilewatinya. Berikut dua hal dampak positif dan negatifnya yang telah banyak dirasakan oleh banyak orang, yaitu sebagai berikut:

Dampak positif teknologi bagi manusia

Jika kita ingin melihat teknologi dari sudut pandang positifnya, mudahnya semua kegiatan manusia telah dibantu dikarenakan teknologi yang semakin canggih saat ini. Beberapa hal yang bisa Anda lihat yaitu:
  • Semakin mudahnya Anda berkomunikasi oleh semua orang tanpa harus bertatap muka. Komunikasi Anda saat ini hingga bisa saling berbincang satu sama lain dari belahan dunia semua itu berasal dari teknologi yang terasa bermanfaat.
  • Segala ide kreatifitas yang berasal dari pikiran, dengan bantuan teknologi sudah bisa diluapkan menjadi sebuah karya yang nyata dan bisa digunakan oleh semua kalangan.
  • Perjalanan Anda dari satu tempat ke tempat lain yang jika diperhitungkan dengan jalan kaki membutuhkan waktu yang lama, tetapi dengan bantuan teknologi semua kendala tersebut menjadi lebih mudah, baik itu perjalanan laut, darat, dan udara.
  • Semua kegiatan aktifitas Anda untuk melakukan berbagai macam pertukaran uang atau jual beli berbagai macam barang, dengan adanya teknologi semakin mempermudah segala bentuk transaksinya.
Dampak negatif teknologi bagi manusia

Itulah dampak positif yang telah Anda rasakan secara tidak sadar ataupun disadari, tetapi ada beberapa dampak negatifnya jika Anda tidak bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Dampak negatifnya adalah sebagai berikut:
  • Ketergantungan berlebihan yang menyebabkan manusia menjadi lebih lemah dari kemampuan manusia itu sendiri. Manusia membuat teknologi dikarenakan manusia mampu menghasilkan karya yang bermanfaat, tetapi jika ketergantungan terhadap teknologi secara berlebihan maka akan menyebabkan bukannya mengembangkan teknologi semakin baik tetapi malah menurunkan kualitas manusia itu sendiri.
  • Teknologi adalah sebuah kemampuan yang bisa membantu untuk bermanfaat, tetapi jika teknologi tersebut dipergunakan untuk kejahatan maka akan sangat merusak tata susunan kehidupan manusia satu dengan manusia lainnya.
  • Kadangkalanya dengan teknologi manusia membuat sebuah tingkatan kalangan yang menyebabkan kehidupan sosial menjadi buruk. Kesenjangan sosial paling sering Anda lihat jika seseorang mendapatkan teknologi yang lebih canggih dari orang lain maka timbullah perbedaan yang merusak sebuah hubungan bermasyarakat.
Demikian ulasan singkat mengenai dampak dari sebuah teknologi yang sampai saat ini sudah menjadi kebutuhan manusia dari berbagai kegiatan keseharian. Dampak tersebut bisa menjadi nilai yang positif ataupun negatif semuanya tergantung dari penggunaan manusianya itu sendiri.



0 komentar:

Posting Komentar