Minggu, 13 Maret 2016

Filled Under: ,

Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami


Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Meskipun, saat ini sudah banyak beredar produk perawatan rambut untuk mencegah kerontokan, tapi masih banyak yang lebih menyukai cara tradisional. Menggunakan bahan alami memang lebih murah dan memberikan hasil yang maksimal.

Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami masalah kerontokan rambut. Walaupun rambut rontok merupakan hal normal, namun jika sudah mengalami kerontokan sebanyak 40 sampai 120 helai bisa dibilang kerontokan parah.

Rambut sendiri mengalami tiga fase pertumbuhan, yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan. Setelah melalui fase kerontokan rambut akan kembali tumbuh, sebab kerontokan hanya sampai pada umbi. Sedangkan, bagian bawah atau akarnya sudah menyiapkan rambut baru yang akan tumbuh.

Rambut rontok sendiri disebabkan beberapa faktor, misalnya kurang nutrisi, polusi, stress, hormon, dan paparan sinar matahari, serta masih banyak lagi penyebabnya. Jika Anda mengalami kerontokan rambut, sebaiknya cari tahu penyebabnya. Beberapa penyakit berat juga menyebabkan kerontokan rambut, maka Anda harus mewaspadainya.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami merupakan salah satu solusi terbaik, karena mudah dilakukan dan memberikan hasil efektif. Berikut ini adalah cara mencegah kerontokan rambut secara alami,

Lidah Buaya

Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai bahan alami perawatan rambut dan kulit kepala. Kandungan nutrisi dalam lidah buaya mampu membuat rambut sehat, kuat, dan merangsang pertumbuhan rambut lebih subur.

Sebelum mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala, basahi dulu rambut Anda dan tunggu hingga setengah kering. Kemudian usapkan keeping lidah buaya yang berlendir pada kulit kepala secara perlahan sambil dipijat-pijat. Gunakan secara merata dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukan hal ini 2 atau 3 kali seminggu.

Kemiri

Minyak kemiri berkhasiat menyuburkan rambut dan membuat rambut terlihat hitam mengkilat. Manfaat lainnya dari minyak kemiri adalah mengatasi kerontokan rambut. Kandungan nutrisi dalam minyak kemiri membantu akar rambut menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Minyak kemiri banyak dijual di toko kosmetik dan swalayan.

Buah Alpukat

Buah alpukat tidak hanya baik untuk merawat kulit wajah, tapi juga bermanfaat menjaga kesehatan rambut. Alpukat yang dihaluskan dan dijadikan masker rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat tinggi, sehingga efektif menguatkan rambut dan memberikan nutrisi yang cukup untuk akar rambut.

Teh Hijau

Menggunakan teh sebagai penyubur rambut cukup mudah. Caranya dengan menyeduh teh dengan air panas seperti biasa. Tunggu seduhan teh sampai menjadi dingin. Setelah dingin basuh seluruh air teh ke seluruh rambut. Diamkan selama satu jam, hingga rambut setengah kering. Kemudian bilas rambut dengan sampo.

Anda bisa memilih salah satu cara mengatasi rambut rontok dari bahan alami yang sesuai.



0 komentar:

Posting Komentar