Jumat, 18 Maret 2016

Filled Under: ,

5 Cara untuk Menyembuhkan Tenggorokan Gatal

tenggorokan gatal

Tenggorokan gatal memang bukan sebuah penyakit, tetapi kemunculannya dapat sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Gatal atau sakit di bagian tenggorokan biasanya menjadi gejala penyakit seperti flu atau batuk. Namun, tenggorokan gatal juga bisa jadi tanda awal dari penyakit berat seperti amandel yang meradang, infeksi streptococcus, hingga ebola. Tenggorokan gatal yang disebabkan virus umumnya bisa sembuh sendiri dalam hitungan lima sampai tujuh hari.

Namun, ada juga metode-metode yang bisa digunakan untuk menyembuhkan tenggorokan gatal, antara lain:

Menjaga Kualitas Suara

Terlalu lama bicara, menyanyi, hingga berteriak ternyata dapat memicu rasa nyeri dan gatal pada bagian tenggorokan. Selain itu, suara kita juga akan serak sampai hilang. Untuk menanggulanginya, beri rehat selama satu sampai dua jam per hari untuk tenggorokan. Kemudian, sering-sering minum air putih agar tenggorokan kita tidak terasa sakit dan dapat berfungsi kembali.

Mengurangi Kebiasaan Buruk

Minum teh, kopi, dan soda yang terlalu banyak dapat meicu dehidrasi, sehingga tenggorokan kita akan terasa kering dan gatal. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok atau konsumsi obat-obatan seperti anri-depresan hingga narkoba juga akan menyebabkan iritasi. Supaya keadaan tenggorokan kembali normal, kurangi konsumsi minuman tadi dan hentikan kebiasaan merokok serta obat-obatan tadi.

Menghindari Pemicu Alergi

Tenggorokan gatal bisa jadi tanda kalau kita alergi terhadap sesuatu, seperti makanan atau tumbuhan. Salah satu cara mudah untuk menyembuhkannya adalah menghindari pemicu alergi tersebut. Setelah itu, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih banyak tentang alergi yang diderita. Dokter biasanya akan memberikan obat tertentu untuk meredakan alergi tadi.

Produk Pelega Tenggorokan

Produk pelega tenggorokan seperti permen atau obat bisa mengurangi rasa gatal dan sakit yang diderita. Permen pelega dapat memicu produksi air liur dan membuat tenggorokan kita lebih basah. Sedangkan untuk obat, kita bisa mengandalkan dekongestan, obat kumur, anti-histamin, serta analgesik. Namun, pastikan kita mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Mengonsumsi Ramuan Alami

Selain air putih, ada beberapa ramuan alami yang dapat dikonsumsi untuk meredakan tenggorokan gatal. Antara lain dengan mencampurkan sedikit kunyit pada air atau susu. Madu juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyembuhkan sensasi nyeri dan gatal pada tenggorokan. Perasan air lemon, air yang dicampurkan garam, cuka sari apel, hingga sayuran seperti lobak juga bisa dipakai jadi obat alami.

Jika dilakukan secara benar atau mengonsumsi obat secara rutin, sensasi gatal dan nyeri di tenggorokan bisa sembuh dengan cepat. Namun, kalau gejala ini tidak mereda dan semakin parah, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga tips seputar menyembuhkan tenggorokan gatal ini bisa membantu!



0 komentar:

Posting Komentar