Senin, 21 Maret 2016

Filled Under: ,

4 Media Sosial yang Akan Semakin Populer di Tahun 2016

vine periscope

Media sosial kini telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan. Penggunanya pun kian bertambah dari tahun ke tahun dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Salah dua di antaranya adalah wadah bersosialisasi hingga bisnis online. Bahkan informasi yang diunggah di media sosial lebih cepat sampai ke audiensi dibandingan media cetak dan elektronik. Maka tak heran kalau jumlah platform pun ikut bertambah.

Di tahun 2016, setidaknya ada empat media sosial baru yang diprediksi akan semakin populer, yaitu:

Vine

Media sosial berbasis video belakangan ini semakin digemari. Tidak mau kalah dengan Instagram yang mempunyai fitur video, Twitter meluncurkan Vine sebagai saingan media sosial tersebut. Vine lahir pada pertengahan tahun 2015 dan menjadi wadah berbagi video bagi pengguna Twitter. Dalam jejaring media sosial ini, kita bisa berkreasi dalam video berdurasi 15 detik. Kemudian, kita dapat mengambil video di mana saja untuk diunggah ke Vine. Sebagian pengguna Vine yang cukup kreatif mengunggah beberapa video ‘sulap’ yang terdiri dari potongan video yang disusun sedemikian rupa.

Periscope

Masih berkaitan dengan video, Persicope juga menawarkan video sebagai fitur keunggulannya. Bedanya kita dapat menyaksikan video tersebut secara live (realtime). Maka tidak heran kalau banyak media atau artis yang menggunakan Periscope sebagai tempat untuk berinteraksi dengan audiensi secara langsung. Kita yang ingin belajar menjadi penyiar atau pembawa acara pun dapat memanfatkannya untuk berlatih. Periscope juga menyediakan beberapa fitur supaya interaksi lebih menyenangkan. Misalnya ikon love yang bisa kita klik kalau menyukai video yang sedang ditonton di Periscope.

Snapchat

Media sosial ini sekilas tidak jauh berbeda dengan Instagram, karena sama-sama mengandalkan foto dan video sebagai fitur utamanya. Snapchat bahkan sudah berhasil menarik banyak audiensi di ranah jejaring sosial. Kita dapat mengunggah foto atau video sesuai waktu yang kita ingingkan. Media sosial ini pun mengizinkan penggunanya untuk menghapus konten yang telah diunggah untuk alasan privasi. Kini, Snapchat masuk ke daftar sepuluh besar aplikasi yang paling sering diunduh di Apps Store. Sedangkan di Google Play, Snapchat masuk peringkat ke-33.

Instant Article

Suka menulis artikel di platform online? Facebook menghadirkan Instant Article, media sosial yang akan memberikan pengalaman baru dalam mengunggah artikel. Sesuai dengan namanya, artikel yang kita unggah dapat tampil sepuluh kali lebih cepat daripada di tempat lain. Jika ingin menggunakannya, kita hanya perlu akun Facebook dan memilih ikon petir yang terdapat pada bagian News Feed. Di sana juga Anda dapat menikmati artikel-artikel dari beragam topik sebagai referensi. Bahkan sudah banyak brand yang memakai Instant Article sebagai tempat pemasaran online.



0 komentar:

Posting Komentar