Rabu, 27 Januari 2016

Filled Under: , ,

Mengenal Ciri – Ciri Lagu Daerah


Hampir setiap daerah di negeri kita memiliki lagu ibu namun dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing dengan menggunakan musik khas daerah sendiri. Indonesia termasuk negara yang mempunyai banyak daerah seperti Jawa Barat, Aceh, Sumatera, dan sebagainya dengan oleh karena itu sering sekali para wisatawan asal luar negeri yang selalu mengaguminya.


Apalagi mereka sangat antusias sekali ingin menghapalkan nyanyian seperti Apuse yang berasal dari Papua, Cing Cangkeling dari Jawa Barat, Bungong Jeumpa dari Aceh. Pada umumnya lagu daerah isinya menyampaikan tentang nasihat yang sangat bermakna sekali juga bisa digunakan untuk bahan pendidikan bagi anak bangsa. Kali ini kita akan mengenal lebih dekat ciri-ciri nyanyian daerah seperti berikut ini.

  • Nyanyian daerah akan diwariskan secara turun menurun meskipun ada yang tertulis tujuannya untuk dijadikan dokumentasi di masa yang akan datang agar tidak luntur dan selalu dikenang.
  • Penciptanya jarang diketahui orang banyak sebab sifat dari nyanyian ini tidak memberikan ekpresi dari salah seorang tetapi syair dari lagu tersebut di tujukan ke seluruh masyarakat.
  • Selanjutnya memakai bahasa dan dialog setempat misalkan dari Jawa Barat yang menggunakan bahasa Sunda dengan diiringi musik seperti Angklung dan sebagainya sering disebut dengan sundaan.
  • Syairnya pun sangat sederhana sekali bahkan pada nyanyian ini mempunyai 2 hingga 8 bait saja namun isinya sangat dipahami sekali.
  • Nyanyian ini akan terasa lebih nikmat dan menyentuh jika dinyanyikan langsung oleh masyarakat setempat sebab logatnya yang sangat kental dan khas sekali.

Maka dari itu sudah sepantasnya kita harus membudayakan musik dan nyanyian yang berasal dari daerah kita sebagai bentuk rasa sayang dan peduli terhadap bangsa kita ini. Bahkan sekarang juga banyak musisi lagu yang mengkolaborasikan nyanyiannya dengan bahasa daerah dan semuanya itu bisa anda dengarkan di JOOX.com, disana anda tinggal cari lagu yang anda sukai maka dengan cepat lagu dangdut yang anda pilih akan muncul.

Ref :
Gambar : http://i1.wp.com/www.gakbasi.com/wp-content/uploads/2014/02/Kumpulan-Lagu-lagu-daerah.jpg?resize=491%2C347

0 komentar:

Posting Komentar