Kamis, 14 Agustus 2014

Filled Under:

WAKIL BUPATI SINJAI “OPTIMIS PEMBANGUNAN SEKTOR PERIKANAN AKAN LEBIH MAJU”

Meskipun banyak pihak sudah mulai meragukan arah pembangunan yang akan dicapai oleh pemerintahan Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dan Wakil Bupati Sinjai H. Andi Fajar Yanwar menyusul perjalanan kepemimpinannya yang telah genap berusia sayu tahun, namun Wakil Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar dengan tegas menampik semua keraguan dan kekahawatiran itu. Dirinya sangat yakin dan optimis jika pembangunan Sinjai sampai pada lima tahun mendatang akan jauh lebih maju.
    Sangat dipahami, lanjutnya, bahwa masyarakat memang terkadang ingin menyaksikan perubahan secara instan, tetapi perlu diingat, bahwa pembangunan adalah sebuah proses yang membutuhkan tahapan, prosedur, dan mekanisme yang mutlak harus dilalui, dan semua itu telah kita persiapkan kerangkanya melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang kemudian kita urai dalam program kerja tahunan yang tersebar pada semua Satuan Kerja Perangkat Pemerintah Daerah (SKPD) dengan arah yang jelas pada pencapaian visi misi untuk “Mewujudkan Sinjai Bersatu yang Sejahtera, Unggul Dalam Kualitas Hidup, Terdepan Dalam Pelayanan Publik”.
    Karena itu, ungkap anggota legislator Sinjai ini, semua program yang sudah direncanakan, harus kita realisasikan secara tuntas, jangan terkesan hanya sekedar menjentik lalu kita tinggalkan untuk kemudian mengedepankan program yang lain, artinya skala prioritas mutlak menjadi pertimbangan utama dan pembangunan itu harus tetap menunjukkan karakternya secara utuh, apalagi kita di Sinjai dengan kondisi geografis yang terdiri dari tiga dimensi, laut/pantai, dataran, serta perbukitan/pegunungan, yang kesemuanya membawa konsekwensi logis terhadap mata pencaharian masyarakat.
    Dengan kondisi yang demikian, maka kehadiran pemerintah dengan program pembangunannya, tentu harus memberikan aksentuasi perhatian secara komperehensif berdasarkan tingkat karakteristik wilayah yang melahirkan aneka  mata pencaharian masyarakat sebagai bagian dari upaya pemberdayaan potensi alam di satu sisi dan penguatan usaha ekonomi masyarakat pada sisi yang lain walau meski tidak harus terpisahkan di antara keduanya.
    Sebagai gambaran, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, yang menjadi pusat transaksi antara nelayan dengan pengusaha dan konsumen, harus lebih ditingkatkan kualitas fungsi dan peranannya melalui pengembangan perlengkapan dan kelengkapan yang dapat mendorong serta lebih memajukan usaha sektor perikanan disamping sektor niaga sebagai satu kesatuan. Fasilitasi peningkatan fungsi dan peran TPI ini, tentu merupakan salah satu bagian kecil dari pelayanan pemerintah daerah dalam mengembangkan sentra-sentra perekonomian yang ada, sehingga dalam waktu dekat pada area TPI Lappa akan terbangun sarana dan prasarana berupa, pabrik es, cold storage, toko serba ada, dan pertamina yang khusus akan melayani kapal-kapal nelayan. Di samping itu semua, ke depan kita berharap dapat melakukan berbagai upaya pengembangan lainnya yang terkait dengan usaha ekonomi kerakyatan di sekitar lingkungan TPI, sehingga icon Sinjai di bidang perikanan tidak menjadi kabur meskipun tidak harus mengubur pengembangan sektor lainnya, baik perkotaan maupun perdesaan. Kuncinya.

0 komentar:

Posting Komentar